Kitab-kitab Suci Kristiani; apa & bagaimana isinya

27 05 2011

”Apakah kitab-kitab suci orang Kristen?” Anda akan mendapat jawaban yang berbeda antara jawaban orang Islam dan orang Kristen. Muslim akan menjawab: Taurat, Zabur dan Injil. ”Apakah Taurat, Zabur dan Injil tersebut?” Maka jawabannya akan semakin berbeda dengan jawaban orang Kristen.

Nabi Muhammad menyebut orang-orang  Yudaism dan Kristen sebagai “orang-orang Kitab” atau “people of the Book.” The Book disini adalah Kitab Suci orang Yuhudi dan Kristen.

Kitab Suci orang Kristen secara sederhana disebut Alkitab, di dalamnya terdapat 66 kitab, nampak seperti table di samping ini.  Gambar diambil dari GKJ WKM Semarang. Terima kasih kepada pembuat table nama-nama kitab di dalam Alkitab! Klik pada gambar untuk memperbesar.

Alkitab terbagi di dalam dua bagian besar, Kitab Perjanjian Lama  (PL) dan Kitab Perjanjian Baru (PB). Pembagian di dasarkan pada sebelum Isa / Yesus / Yeshua hadir di bumi dan sesudah Ia lahir. Hampir sama dengan pembagian jaman: B.C. (Before Christ / Kristus) dan A.D. (anno Domini, year of our Lord).

Kitab Kejadian sampai Ulangan (5 kitab) sering juga disebut sebagai Kitab Musa, Pentateuch dan Torah atau Taurat sebagaimana orang Islam Indonesia menyebutnya. Torah atau Taurat artinya perintah dan aturan hukum.

Zabur adalah kitab Mazmur atau Psalm (Inggris), sedangkan yang dimaksud dengan Injil di dalam Alkitab adalah keempat kitab pertama di Perjanjian Baru, yakni Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas dan Injil Yohanes. Keempat Injil ini catatan-catatan kelahiran dan pelayanan serta ajaran nabi Isa al Masih, sejenis kitab-kitab Hadish yang berisi catatan kehidupan  nabi Muhammad.

Pada Alkitab Katolik, ditambahkan 7 kitab, dikenal sebagai kitab Apocrypha, terletak diantara PL dan PB. Kitab Apocrypha ini ditambahkan oleh Paus dipertengahan abad 16 pada Sidang Trent. Kristen Yahudi dan bukan Yahudi tidak menggolongkan 7 kitab ini sebagai kitab-kitab yang diwahyukan oleh Roh Kudus, sebab itu mereka tidak dipakai.[1]

Isi kitab-kitab di dalam Alkitab.
Kitab pertama (Kejadian) dan kitab terakhir (Wahyu) berisi cerita-cerita di luar kemampuan pikiran manusia, tidak ada satupun catatan sejarah dunia yang menyamainya. Kitab Kejadian, ditulis saat perjalanan bangsa Israel menuju Tanah Perjanjian (Kanaan), menceritakan peristiwa-peristiwa sebelum manusia hadir di bumi, bagaimana  langit, bumi dan isi alam semesta di ciptakan oleh Allah. Kitab Wahyu, ditulis sebelum abad pertama A.D., menceritakan banyak cerita akan hal-hal yang akan datang dikemudian hari, bahkan meramalkan hancurnya bumi dan langit saat ini dan turunya bumi dan langit yang baru.

Kitab 1 Samuel sampai Maleakhi adalah catatan sejarah bagaimana TUHAN, Allah Israel berurusan dengan bangsa yang telah Ia pilih untuk menjadi contoh teladan iman dan hidup, serta menjadi saluran berkat bagi seluruh bangsa di dunia.

Kitab Perjanjian Lama adalah kitab yang sangat baik untuk setiap orang belajar mengenal hati dan pikiran Pencipta semesta alam. Tepatnya, setiap Muslim sangat dianjurkan untuk mempelajari kitab PL ini, di dalamnya nampak sikap hati Allah sebagai ABBA atau BAPA dan kita umatnya sebagai anak-anak-Nya. Pada PL ini nampak benar bahwa Allah adalah Mahapengasih dan Mahapenyayang serta panjang sabar sebagaimana Muhammad menulis di Alkuran.

Kitab Kisah Para Rasul, seperti nama dari kitab ini, adalah catatan pelayanan murid-murid Isa al Masih setelah Isa terangkat ke Sorga. Penulisnya adalah rasul Lukas, penulis yang sama dari Injil Lukas. Dari akhir ceritanya nampak bahwa kitab ini ditulis saat rasul Paulus masih hidup.

Dari kitab Roma (surat rasul Paulus kepada Jemaat di Roma[2]) sampai kitab Yudas (ini bukan Yudas Iskariot, tetapi Yudas saudara Yakobus) adalah kumpulan surat-surat para rasul kepada Jemaat dan beberapa murid rasul Paulus untuk tujuan mendidik ”bagaimana hidup sebagai pengikut-pengikut Isa al Masih yang dipanggil sebagai orang Kristen. Kitab Wahyu pasal satu sampai tiga juga berisi berita untuk ketujuh Jemaat, bedanya, berita ini adalah turun langsung dari Isa al Masih yang Ia perintahkan kepada rasul Yohanes untuk menulisnya, isinya adalah ”bagaimana Jemaat harus hidup sebelum kedatangan Isa yang kedua kalinya.”

Inti dari pesan kitab-kitab di Perjanjian Baru adalah orang benar hidup bukan di bawah aturan hukum Taurat, – berusaha dengan kekuatan sendiri untuk hidup benar, tetapi hidup melalui pimpinan Roh Kudus, yakni dengar-dengaran kepada perintah Allah dan melakukannya sesuai perintah tersebut.

Isa al Masih mengatakan bahwa kedua Perjanjian (Lama dan Baru) adalah penting dan tetap berlaku sejauh langit dan bumi yang sekarang ini masih ada (Injil Matius 5:18-19, Lukas 16:17). Kita akan bicarakan dilain waktu tentang hukum apa yang sesungguhnya telah tergenapi dan tidak perlu dilakukkan lagi sejak kematian Isa.

Aku menaikkan tanganku kepada perintah-perintah-Mu (Your commandments) yang kucintai, dan aku hendak merenungkan ketetapan-ketetapan-Mu (Your statutes). Ingatlah firman yang Kau katakan kepada hamba-Mu, oleh karena Engkau telah membuat aku berharap. Inilah penghiburanku dalam sengsaraku, bahwa janji-Mu menghidupkan aku. (Mazmur 119:48-50)

Footnote:
[1] Why the Apocrypha Isn’t in the Bible.
[2] Paulus adalah rasul untuk orang-orang bukan Yahudi.  Ia banyak membuka Jemaat (Gereja; bukan gedung, tetapi kumpulan orang Kristen di sebuah tempat yakni Ekklesia dalam bahasa Yunaninya. Injil Matius 16:18) di wilayah kerajaan Yunani dan kerajaan Romawi. Jemaat di Roma ini bukanlah Jemaat Roma Katolik yang sekarang ada. Jemaat Roma Katolik hadir setelah kaisar Constantine menjadikan Kristianiti sebagai agama resmi di seluruh wilayah yang ia kuasai.

Pendalaman Alkitab 4 Muslim

Hak Cipta: Budiman

pa4muslim@gmail.com

Diluar tujuan komersial, Anda dipersilahkan mengkopy, memperbanyak dan juga memakai artikel ini  dengan menyertakan alamat situsnya. Terima kasih.

About these ads

Actions

Information

Silahkan berkomentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: