Nubuatan Isa al-Masih tentang datangnya Seorang Penolong atau Penghibur

26 08 2011

Isa al-Masih pada Injil Yohanes 14:16 berkata: “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran.”

Pelajaran ini akan membuat Anda mengerti:
I.          Siapakah ”Seorang Penolong” atau “Seorang Penghibur” ini melalui: a. perkataan Isa al-Masih sendiri; b. kehadiran dan pekerjaan ”Seorang Penolong” atau ”Seorang Penghibur” itu sendiri.
II.          Janji Isa untuk orang dapat menerima kuasa Roh Kudus.

Pendahuluan. Nubuatan Isa al-Masih ini dikatakan-Nya sehubungan dengan kepergian-Nya dari Bumi kembali kepada tempat asal-Nya, rumah Bapa-Nya – yang tidak lain kita kenal sebagai ”Sorga,” untuk mempersiapkan rumah-rumah bagi orang-orang beriman. Ia berjanji akan kembali menjemput murid-murid-Nya – yang setia kepada Dia dan memelihara perintah-perintah-Nya, namun sementara Ia mempersiapkan tempat tinggal untuk mereka, ia berjanji akan mengrim ”Seorang Penghibur.” Lihat ayat 1-15, 18

I.a. Perkataan Isa al-Masih tentang ciri-ciri dan tugas Seorang Penghibur.

  1. Parakletos; Yunani yang dapat berarti: “Helper” (Penolong), “Intercessor” (Pensyafaat) dan ”Comforter” (Penghibur) (Yoh. 14:15). Alkitab Indonesia menterjemahkan ini dengan “Seorang Penolong.”
  2. Ia menyertai kamu selama-lamanya (ayat 16).
  3. Penghibur, yaitu Roh Kebenaran, dunia tidak melihat dan tidak mengenal Dia (ayat 17a dan 15:26)
  4. Kamu (para pengikut-Nya) mengenal Dia, Ia menyertai kamu dan diam di dalam kamu (ayat 17b)
  5. Penghibur, yaitu Roh Kudus (ayat 26a)
  6. Mengajar dan mengingatkan segala sesuatu yang telah Isa ajar kepada umat-Nya (ayat 26b).
  7. Ia akan bersaksi tentang Aku (Yoh. 15:26a)
  8. Tugas Penghibur: akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman (Yohanes 16:8-11)
  9. Ia akan memimpin kamu [pengikut Isa] ke dalam seluruh kebenaran dan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang (Yoh 16:13)
  10. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. (16:14)

Dari Injil Yohanes 14 sampai 16 di atas kita dapat menarik beberapa kesimpulan tentang Parakletos atau Seorang Penghibur ini:

  1. Dari nama-Nya, ”Parakletos,” pribadi ini bukanlah seorang diktator. Dr. Derek Prince menggambarkan pribadi Roh Kudus sebagai: ”Point pertama yang perlu untuk ada di tekankan adalah bahwa, di dalam kehidupan orang percaya, Roh Kudus [Yoh. 15:26a] tidak pernah memainkan peranan seorang diktator. … Dia tidak pernah mengontrol kehendak atau kepribadian orang percaya. Dia tidak pernah memaksa orang percaya melakukan sesuatu melawan kehendak atau pilihan orang percaya.” Dr. Derek Prince, Foundational Truths for Christian Living, hal. 249
  2. Parakletos yang dibicarakan oleh Isa al-Masih di Injil Yohanes ini adalah pribadi yang hidup kekal selamanya (Yoh. 14:16), Ia adalah mahluk roh, dan bukan manusia – tidak terlihat (Yoh. 14:17a), sebab Ia tinggal di dalam orang-orang beriman (Yoh 15:17b),   tepat seperti Isa al-Masih menyebut-Nya: Roh Kebenaran, Roh Kudus berkali-kali. Dalam kontek Alkitab Roh Kebenaran dan Roh Kudus adalah sebutan lain untuk Roh Allah. Lihat Kejadian 1:1-2, Yesaya 48:1; 61:1; Injil Matius 12:28.
    1. Pekerjaan Parakletos; a. Kepada orang yang percaya Isa al-Masih: mengajar dan dan mengingatkan ajaran-ajaran Isa al-Masih (lihat point 6) dengan tujuan membawa umat Isa kepada seluruh kebenaran. Lebih dari itu Parakletos memberitakan kepada mereka hal-hal yang akan terjadi di masa depan – melalui mimpi, nubuatan, berbicara langsung. (Point 9). b. Kepada orang yang belum percaya Isa al-Masih:  Parakletor menyadarkan mereka (”orang dunia”) akan dosa mereka untuk membawa mereka kepada fakta kebenaran Injil sehingga mereka tidak bisa beralasan di hari penghakiman Isa al-Masih di hari Kiamat (point 8).
    2. Jadi tugas Parakletos datang ke Bumi yang terutama adalah bersaksi tentang Isa al-Masih, meneguhkan apa yang telah Isa lakukan dan katakan (point 7 dan 10). Lawan dari pekerjaan Parakletos adalah pekerjaan roh Iblis, yang disebut juga sebagai ”roh anti-Kristus.”

I.b. Kehadiran dan pekerjaan Seorang Penolong atau Parakletos atau Roh Kudus:

Hanya Allah Yang Mahakuasa yang dapat mengampuni dosa, mentahirkan orang najis, menyembuhkan orang buta, menghidupkan orang mati, mengetahui masa depan dan peristiwa supernatural lainnya, benar? Kita pasti setuju dengan pengertian ini. Alkitab secara jelas menulis bahwa Parakletos (Roh Kudus) dapat juga melakukan semua itu. Keempat Injil di Perjanjian Baru dan kitab Kisah Para Rasul (disingkat ”Kis.”) penuh dengan catatan keajaiban yang dihasilkan oleh kuasa Roh Kudus; efek ”sebab-akibat”

  1. Kuasa mujizat dan kesembuhan yang dimiliki Isa al-Masih berasal dari Roh Kudus. Sebab: Yesaya 61:1 juga 42:1; Kis. 10:38. Akibat: Injil Matius 8:13-16; 11:5; Injil Yohanes 11 Lazarus dihidupkan kembali. Ini menggenapi nubuatan nabi Yesaya 35:5-6; 42:1.
  2. Kuasa yang dimiliki Isa di atas, juga dapat dimiliki oleh para pengikut Isa al-Masih, – jika mereka juga dipenuhi oleh Roh Kudus (secara langsung (Kisah para Rasul 1:8)  dan transfer kuasa melalui tangan Isa (Injil Lukas 9:1).
  3. Mengungkapkan rahasia masa yang akan datang (lihat Ia.9), misalnya mimpi raja Babilon (Daniel 4:9)
  4. Membongkar dosa manusia yang tersembunyi (Kis. 5:3; 13:8-12)

Jadi Parakletos (Seorang Penghibur; Seorang Penolong, Pendoa Syafaat; Roh Kebenaran, Roh Kudus) tidaklah lain daripada Allah Yang Mahakuasa itu sendiri, ingat bahwa Isa al-Masih berkata bahwa Allah adalah Roh (Injil Yohanes 4:24).

II. Janji mendapatkan kuasa Roh Kudus.
”Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”  (Kisah para Rasul 1:8). Kuasa dari tempat yang maha tinggi akan datang kepada pengikut Isa al-Masih jika Roh Kudus turun ke atas mereka, Isa al-Masih berjanji.

Nubuatan Isa al-Masih tentang kedatangan Parakletos telah tergenapi! 10 hari setelah kenaikkan Isa al-Masih ke sorga. Semua pelayanan para Rasul yang penuh mujizat di kitab Kisah para Rasul adalah bukti penggenapan nubuatan Isa al-Masih tersebut.

Janji ini juga untuk setiap orang yang percaya kepada Isa al-Masih, dan setiap orang yang haus akan perkara-perkara sorgawi. Baca Injil Yohanes 7:38-39.

Bagaimana mendapatkan kepenuhan Roh Kudus (dikenal sebagai Baptisan Roh Kudus) kita akan pelajari di subjek lainnya.

Bacaan serupa atau berkaitan:
The “Parakletos” of John 14:16

Pendalaman Alkitab 4 Muslim
Hak Cipta: Budiman
pa4muslim@gmail.com

Diluar tujuan komersial, Anda dipersilahkan mengkopy, memperbanyak dan juga memakai artikel ini  dengan menyertakan alamat situsnya. Terima kasih.


Actions

Information

Silahkan berkomentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s