Dosa Pasif/ Berdosa Karena Tidak Berbuat Apa-Apa

6 11 2011

Kita telah tahu berbuat ini dan itu yang jahat adalah dosa, pada pelajaran Alkitab ini kita akan belajar:

  • Mengapa tidak berbuat jahat juga bisa dianggap berdosa – dosa pasif
  • Mengapa dosa pasif ini lebih berat hukumannya dari pada dosa aktif

Pelajaran dosa pasif yang Adam lakukan di taman Firdaus.
Kejadian  3:  Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?” Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: “Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan, tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.” Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.” Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya. Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat. (1-7)
     Lalu firman-Nya kepada manusia itu: “Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu; dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.” (17-19)
    Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil. Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyala beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan. (23-24). Kata “dia” dan  “manusia” di sini adalah Adam. Isterinyapun turut diusir.

Hawa tertipu oleh Iblis (dalam bentuk ular), ia memetik buah terlarang dan memakannya, dan kemudian Hawa memberikan buah tersebut kepada Adam. Alkitab mencatat bahwa TUHAN menghukum Hawa dan Adam, namun hukuman terbesar jatuh pada Adam. Ayat-ayat Alkitab di bawah ini akan menolong kita mengerti mengapa TUHAN menjatuhkan hukuman kepada Adam lebih berat dari Hawa.

I. Tidak berbuat jahat juga bisa dianggap berdosa – dosa pasif
Dosa jenis ini dapat dijelaskan di dalam dua alasan:
1. Dosa keturunan (berasal dari Adam, manusia pertama)
Telah kita pelajari bahwa oleh karena Adam (laki-laki pertama) telah berbuat dosa, maka semua manusia telah jatuh kedalam dosa, seperti yang ditulis oleh Rasul Paulus: Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. (Rom 5:12)

Jika sumber mata-airnya kotor atau sudah terkontaminasi maka kemanapun air itu mengalir air tersebut akan tetap kotor, bahkan cenderung lebih kotor sebab telah meliwati tempat-tempat yang tidak bersih. Demikianlah gambaran yang sama terhadap kita yang adalah keturunan Adam.

Tidak ada seorangpun bisa menganggap dirinya bersih sekalipun ia tidak melakukan pembunuhan atau perampokan. Kita bisa saja dianggap ”orang bersih” menurut standard agama kita atau hukum adat atau masyarakat tertentu, namun tetap berdosa di mata Allah pencipta manusia. Upah dosa adalah maut, dan maut adalah kematian kekal.

Dosa keturunan ini bagaimanapun belum diperhitungkan Allah  bagi anak-anak kecil yang belum bisa membedakan atau belum memiliki pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat (Kej 2:17). Dosa mulai diperhitungkan bagi mereka yang telah cukup dewasa di dalam berpikir.

2. Tahu berbuat baik tetapi tidak melakukannya
”Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa,” demikian firman Allah pada kitab Yakobus 4:17. Dosa Adam pada cerita di atas penekannya bukanlah pada apa yang Adam telah lakukan, TETAPI apa yang Adam tidak lakukan – Adam berdiam diri melihat perbuatan yang ia tahu terlarang terjadi di depan matanya; khususnya Adam disini berfungsi sebagai pemimpin. Ini perkataan TUHAN kepada Adam sebelum tragedi di atas terjadi, ”Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.” (Kej 2:16-17). Perintah TUHAN ini telah ada sebelum Hawa tercipta, lihat ayat 18-23.

Dosa pasif ini tidak hanya terbatas pada ”ketidak perdulian” tapi juga ”sikap tidak bertanggung jawab atas otoritas, talenta, kekayaan yang TUHAN telah berikan kepada kita,” dalam kontek pernyataan rasul Yakobus ini orang tersebut berdosa karena ia tidak melakukan yang TUHAN telah kehendaki tetapi membuat rencana sendiri dan bertindak atas tujuan yang ia telah tetapkan (Yak 4:13-16)

Jadi sesungguhnya, dosa pasif – tahu bagaimana berbuat baik tetapi tidak melakukannya, adalah dosa pemberontakan kepada TUHAN, manusia berontak kepada Penciptanya. Oleh karena pelaku dosa ini akan mendapat hukuman lebih banyak daripada orang yang tidak tahu peratuan dan hukum TUHAN, seperti penjelasan berikut ini.

II. Dosa pasif mendapat hukuman berat
Ayat bacaan: Lukas 12:35-48 – peringatan Isa al-Masih kepada para hamba Allah.
Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan. Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. (Luk 12:47-48a).

Isa al-Masih mendasarkan penghakiman-Nya berdasarkan prinsip:

Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.” (Luk 12:48b)

Di bagian lain  firman Allah menyamakan pemberontakan kepada TUHAN sama dengan dosa perdukunan dan penyembahan berhala, lihat 1 Samuel 15:23.

Janganlah saudara dan saudari bangga dengan status Anda yang tinggi, TUHAN akan meminta pertanggung jawaban dari apa yang Ia telah percayakan kepada kita. Jika saudara adalah guru agama, berhati-hatilah dengan ajaran dan perbuatan Anda, Alkitab memperingati para guru:

Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat. (Yak 3:1)

Alkitab tidak menuntut anak-anak kecil untuk bertobat, tetapi orang-orang dewasa, atau sedikitnya mereka yang telah memiliki pengetahuan yang baik dan yang jahat. Sudahkan Anda siap berdiri di hadapan Isa al-Masih ketika Ia datang kembali?

Hakim di akhir jaman adalah Isa al-Masih, ini tertulis jelas baik di Kuran maupun di Injil: Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia. (Yoh 5:27). Injil Yohanes 5:24 dan 29 serta pasal  berikutnya 6: 40 menjelaskan kepada kita bahwa betapa pentingnya untuk setiap kita mengerti firman TUHAN yang diajarkan Isa al-Masih.

Baca juga: 

Alkitab Tentang Dosa; Arti, darimana, bagaimana kerja dan akibat dosa

Pendalaman Alkitab 4 Muslim
Hak Cipta: Budiman
pa4muslim@gmail.com
Diluar tujuan komersial, Anda dipersilahkan mengkopy, memperbanyak dan juga memakai artikel ini  dengan menyertakan alamat situsnya. Terima kasih.


Actions

Information

Silahkan berkomentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: