Kebangkitan Orang Mati dan Isa al-Masih sebagai buah sulung kebangkitan

11 04 2013

Pendalaman Alkitab 4 (untuk) Muslim kali ini akan Anda belajar satu perkara penting lainnya di dalam keyakinan iman Kristen, yakni bahwa ada kebangkitan tubuh setelah seorang meninggal dunia.

Pendalaman Alkitab ini akan membahas:
I. Keyakinan kebangkitan orang mati di kitab-kitab Suci di Perjanjian Lama
II. Kebangkitan Isa al-Masih sebagai bukti bahwa keyakinan kebangkitan orang mati adalah benar
III. Isa al-Masih berjanji memberi kehidupan kekal

Ayat-ayat Alkitab diambil dari Indonesia Terjemahan Baru, kecuali jika ditulis yang lainnya.

I. Keyakinan kebangkitan orang mati di kitab-kitab Suci di Perjanjian Lama

  1. Janji kepada Abraham: Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka.” (Kej. 17:8). Janji ini tentunya akan hanya adanya kebangkitan orang mati, dan penggenapanya akan terjadi ketika Isa al-Masih telah datang kembali. Bacalah Wahyu 3:11-12 dan pasal 21, perhatikan ayat 12 nama kedua belas suku Israel tertulis pada pintu-pintu gerbang kota Yerusalem yang  baru.
  2. Sebab aku mengetahui bahwa Penebusku hidup, dan Dia akan bangkit dari bumi pada akhirnya; dan bahkan setelah mereka (ulat-ulat) merusak kulitku, tetapi demikian, di dalam dagingku aku akan melihat Elohim (Ayub 19:25-26; ILT). Ayub bukan saja percaya ia akan hidup kembali, lebih lagi ia menubuatkan bahwa Isa al-Masih, Penebusnya akan mati dan bangkit kembali.
  3. Keadilan-Mu, ya Allah, sampai ke langit. …Engkau akan menghidupkan aku kembali, dan dari samudera raya bumi Engkau akan menaikkan aku kembali.  (Maz. 71:19-20)
  4. Ya, TUHAN, orang-orang-Mu yang mati akan hidup pula, mayat-mayat mereka akan bangkit pula. Hai orang-orang yang sudah dikubur di dalam tanah bangkitlah dan bersorak-sorai! Sebab embun TUHAN ialah embun terang, dan bumi akan melahirkan arwah kembali. (Yes. 26:19)
  5. Pesan TUHAN melalui malaikat Gabriel kepada nabi Daniel: Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal. (Dan. 12:2)
  6. “Mari, kita akan berbalik kepada TUHAN, … Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya.  (Hos. 6:1-2)

II. Kebangkitan Isa al-Masih sebagai bukti bahwa keyakinan kebangkitan tubuh orang mati dapatlah dipercaya dan benar.
Nabi Muhammad, seperti tertulis di Alkuran, meragukan kematian Isa al-Masih, tetapi Injil mencatat kematian Isa dengan begitu jelas dan terperinci.

A. Kematian dan kebangkitan Isa bahkan telah dinubuatkan oleh nabi-nabi di Perjanjian Lama (Zak. 12:10; Yes. 53:8-9; & Maz. 16:8-11; Maz. 68:19; 1 Kor. 15:3-4). Mazmur 16:8-11 dikutip oleh rasul Petrus secara lengkap (Kis. 2:25-28) dan oleh rasul Paulus (Kis. 13:30-37) keduanya berbicara tentang kebangkitan Isa al-Masih. Kelompok Yahudi Farisi sama sekali tidak meragukan adanya kebangkitan tubuh setelah kematian (Kis 23:6, 8), berbeda dengan kelompok Yahudi Saduki yang ajarannya bersumber dari ajaran orang Yunani bahwa setelah mati kehidupan manusia sama sekali selesai (Mark 12:18-27; Kis. 17:16–18)

B. Bukti kebangkitan Isa al-Masih diteguhkan oleh perkataan malaikat, Isa al Masih dan saksi-saksi mata.

  1. Perkataan malaikat; (Mat. 28:1-6; Lukas 24:1-8)
  2. Perkataan Isa al-Masih. Sebelum kematian-Nya (Mark. 14:27-28; Yoh. 2:19-22 & 3:14-15 & 10:17-18); Setelah kebangkitan-Nya (Luk. 24:44-46; Mat. 28:16-20; Mark. 16:14-18)
  3. Saksi-saksi mata selama 40 hari sebelum Ia naik ke Sorga (Kis 1:1-3): murid-murid-Nya (Mark. 16:9; Yoh. 20:14-18 & 21:1-14; 1 Pet. 1:3); lima ratus orang (1 Kor 15:4-8).

C. Kebangkitan tubuh yang tidak binasa. Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. (1 Kor 15:20). 
Kebangkitan tubuh Isa al-Masih tidak sama dengan kebangkitan tubuh Lazarus. Lazarus bangkit dari kematian (Yoh. 11:38-44), namun ia meninggal dunia kembali. Isa setelah Ia terkubur selama tiga hari, ketika Ia dibangkitkan oleh TUHAN, Bapa Sorgawi-Nya, Ia langsung memiliki tubuh yang sempurna dan hidup kekal – dapat terlihat dan dijamah namun dapat menembus benda mati.

  1. Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci … Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!” Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.  (Yoh. 20:19-20)
  2. Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!” Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.” Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!” Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”  (Yoh. 20:26-29)

III. Isa al-Masih berjanji memberi kehidupan kekal
Kita telah melihat bahwa Alkitab begitu jelas menulis adanya kebangkitan tubuh yang kekal, yang tidak bisa binasa dan telah dibuktikan oleh Isa al-Masih sendiri. Apakah Anda juga rindu mengambil bagian dari kehidupan kekal tersebut bersama Isa al-Masih selamanya di Sorga Mulia? Isa memiliki kuasa untuk membuat kita hidup kekal, bahkan bagi mereka yang sudah meninggal di dalam Dia. Pelajari ayat-ayat di bawah ini:

  1. Jawab Yesus: “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?”  (Yoh. 11:25-26). Percaya di sini yang Isa maksud adalah percaya kepada seluruh pesan Alkitab:
  2. Yakni yang ada di Perjanjian Lama, dari kitab Musa sampai kitab nabi-nabi: Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati.” (Luke 16:31)
  3. Percaya kepada TUHAN: Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup. (Yoh. 5:24)
  4. Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. (Yoh. 17:3)
  5. Percaya dan mengikuti ajaran Isa: Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.  (Yoh. 10:27-28), baca juga Lukas 6:47-49.

 

Pendalaman Alkitab 4 Muslim
Hak Cipta: Budiman
pa4muslim@gmail.com
Diluar tujuan komersial, Anda dipersilahkan mengkopy, memperbanyak dan juga memakai artikel ini  dengan menyertakan alamat situsnya. Terima kasih.

 


Actions

Information

Silahkan berkomentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: